Latihan Soal Bab 5 PAI Kelas VIII
Pilihlah Jawaban yang paling Benar!
1. Masa keemasan Islam pada era Daulah Abbasiyah dikenal dengan kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan. Salah satu pusat pengkajian ilmu pengetahuan pada masa itu adalah:
a. Madrasah Nizhamiyah
b. Baitul Hikmah
c. Masjid Cordoba
d. Universitas Al-Azhar
2. Berikut ini adalah tokoh yang dikenal sebagai "Bapak Kedokteran Modern" pada masa Daulah Abbasiyah:
a. Al-Kindi
b. Al-Farabi
c. Ibnu Sina
d. Al-Khawarizmi
3. Salah satu faktor utama berkembangnya literasi pada masa Daulah Abbasiyah adalah:
a. Adanya teknologi cetak modern.
b. Pendekatan politik yang menekankan stabilitas militer.
c. Didirikannya perpustakaan besar dan diterjemahkannya buku-buku Yunani ke bahasa Arab.
d. Penutupan akses bagi budaya asing untuk menjaga kemurnian Islam.
4. Al-Khawarizmi, salah satu ilmuwan besar Daulah Abbasiyah, memberikan kontribusi besar dalam bidang:
a. Astronomi
b. Matematika
c. Filsafat
d. Kedokteran
5. Sikap yang dapat kita teladani dari produktivitas ilmuwan pada masa keemasan Islam adalah:
a. Menggunakan ilmu hanya untuk kepentingan pribadi.
b. Tidak peduli dengan pengembangan teknologi modern.
c. Semangat belajar dan menghasilkan karya bermanfaat untuk umat.
d. Menghindari integrasi ilmu agama dan ilmu dunia.
6. Kitab “Al-Qanun fi al-Tibb” yang menjadi rujukan dalam ilmu kedokteran ditulis oleh:
a. Al-Biruni
b. Ibnu Sina
c. Al-Farabi
d. Jabir bin Hayyan
7. Salah satu cara umat Islam pada masa Daulah Abbasiyah mendorong perkembangan ilmu pengetahuan adalah:
a. Melarang penerjemahan karya asing ke dalam bahasa Arab.
b. Menjadikan ilmu pengetahuan sebagai alat politik untuk menaklukkan musuh.
c. Membangun pusat studi seperti Baitul Hikmah dan mendukung kegiatan ilmuwan.
d. Memusatkan kekuasaan hanya pada urusan keagamaan.
8. Daulah Abbasiyah banyak mempelajari karya-karya Yunani kuno melalui proses penerjemahan. Salah satu tokoh penerjemah terkenal adalah:
a. Hunain bin Ishaq
b. Al-Farabi
c. Ibnu Khaldun
d. Al-Kindi
9. Faktor penting yang menyebabkan berkembangnya semangat literasi pada masa Daulah Abbasiyah adalah:
a. Larangan untuk mempelajari ilmu selain ilmu agama.
b. Dukungan dari para khalifah terhadap pengembangan ilmu pengetahuan.
c. Perang berkepanjangan dengan peradaban lain.
d. Penghapusan budaya menulis dan membaca.
10. Karya penting Al-Khawarizmi dalam matematika yang menjadi dasar aljabar modern adalah:
a. Kitab Al-Jabr wa Al-Muqabalah
b. Kitab Al-Hawi
c. Kitab Al-Qanun
d. Kitab Al-Hikmah
11. Khalifah Daulah Abbasiyah yang dikenal mendirikan Baitul Hikmah sebagai pusat ilmu pengetahuan adalah:
a. Al-Ma'mun
b. Al-Mansur
c. Harun al-Rasyid
d. Al-Mutawakkil
12. Salah satu bidang ilmu yang berkembang pesat pada masa Abbasiyah adalah astronomi. Tokoh yang terkenal di bidang ini adalah:
a. Al-Farabi
b. Al-Battani
c. Al-Ghazali
d. Ibnu Rusyd
13. Jabir bin Hayyan dikenal sebagai ilmuwan yang berjasa dalam bidang:
a. Kimia
b. Fisika
c. Biologi
d. Geografi
14. Pada masa Daulah Abbasiyah, buku-buku Yunani, Persia, dan India diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Hal ini menunjukkan:
a. Kecenderungan umat Islam untuk meniru budaya asing.
b. Keterbukaan terhadap ilmu dari berbagai peradaban.
c. Ketergantungan terhadap peradaban lain.
d. Penolakan terhadap ilmu yang berbasis agama.
15. Salah satu sikap produktif yang dimiliki ilmuwan pada masa Daulah Abbasiyah adalah:
a. Fokus pada satu bidang ilmu saja.
b. Menggunakan ilmu pengetahuan untuk persaingan politik.
c. Mengintegrasikan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan umum.
d. Mengabaikan tanggung jawab sosial demi penelitian.
16. Al-Ma’mun memerintahkan penerjemahan karya-karya Yunani ke dalam bahasa Arab dengan tujuan:
a. Menghapus tradisi Islam yang murni.
b. Menyebarkan peradaban Barat di dunia Islam.
c. Meningkatkan pengetahuan umat Islam dan memperkaya khazanah keilmuan.
d. Memudahkan umat Islam mempelajari budaya Yunani.
17. Buku yang menjadi salah satu fondasi ilmu optik yang ditulis oleh Ibnu al-Haytham adalah:
a. Al-Majisti
b. Al-Manazir
c. Al-Jabr
d. Al-Qanun
18. Salah satu dampak positif dari semangat literasi pada masa keemasan Islam adalah:
a. Terbatasnya ilmu hanya di kalangan ulama.
b. Hilangnya budaya literasi di kalangan masyarakat umum.
c. Munculnya berbagai karya yang memengaruhi peradaban dunia hingga saat ini.
d. Penurunan minat terhadap ilmu pengetahuan setelah era Daulah Abbasiyah.
19. Kontribusi Ibnu Khaldun yang menjadi rujukan dalam ilmu sosial dan sejarah adalah:
a. Kitab Al-Hikmah
b. Kitab Al-Muqaddimah
c. Kitab Al-Masalik
d. Kitab Al-Farabi
20. Salah satu pelajaran penting dari produktivitas ilmuwan pada masa Daulah Abbasiyah adalah:
a. Pentingnya bekerja secara individu untuk menjaga orisinalitas.
b. Menghindari kolaborasi antar bidang ilmu.
c. Berpikir terbuka dan bekerja sama untuk kemajuan umat manusia.
d. Fokus hanya pada bidang keagamaan tanpa memikirkan ilmu dunia.
Komentar
Posting Komentar